OPTIMALISASI PENGGUNAAN TEKS AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN: PENDEKATAN TERSTRUKTUR, INOVASI TEKNOLOGI, DAN PEMECAHAN TANTANGAN
Kata Kunci:
Optimalisasi, Penggunaan teks akademik, Pendekatan terstruktur, Inovasi teknologi, Pemecahan tantanganAbstrak
Penelitian ini menginvestigasi optimalisasi penggunaan teks akademik dalam pembelajaran, dengan fokus pada pendekatan terstruktur, inovasi teknologi, dan pemecahan tantangan. Melalui metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap mahasiswa universitas di Medan. Hasilnya menunjukkan bahwa teks akademik memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman materi dan pengembangan keterampilan akademik. Responden mengakses teks akademik dengan bantuan inovasi teknologi seperti perangkat lunak manajemen referensi, aplikasi catatan digital, dan gadget seperti handphone dan laptop. Meskipun demikian, mereka menghadapi tantangan seperti bahasa kompleks, kalimat panjang, dan konsep abstrak dalam memahami teks akademik. Jenis teks yang paling efektif dalam pembelajaran termasuk buku ajar, artikel jurnal ilmiah, dan laporan penelitian. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya optimalisasi penggunaan teks akademik dengan memanfaatkan pendekatan terstruktur, inovasi teknologi, dan solusi terhadap tantangan yang ada dalam proses pembelajaran