STUDI LITERATUR: PENGARUH MEDIA BUKU CERITA E-BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Tania Gogo Lubis Universitas Negeri Medan
  • Catherine Elisabeth Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Aqillah Nazli Universitas Negeri Medan
  • Asyfa Uqalby Universitas Negeri Medan
  • Tiara Sauna Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Deyrizky Parinduri Universitas Negeri Medan
  • Fitriani Lubis Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran, Buku Cerita E-Book

Abstrak

Kemampuan membaca merupakan aspek penting dalam perkembangan bahasa dan literasi anak di sekolah dasar. Membaca bukan sekadar mengenali huruf, tetapi juga memahami makna yang tersirat dalam teks. Namun, tantangan muncul saat siswa kehilangan minat dalam membaca, yang dapat mengakibatkan penurunan kemampuan membaca. Salah satu solusi yang diusulkan adalah penggunaan buku cerita sebagai media pembelajaran yang menarik perhatian siswa. Artikel ini mengkaji pengaruh penggunaan buku cerita e-book terhadap kemampuan membaca siswa di sekolah dasar. Melalui metode kajian literatur, penelitian ini mendeskripsikan relevansi teori membaca, media pembelajaran, dan karakteristik buku cerita dalam konteks pembelajaran bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi buku cerita e-book sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang penerapan media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31