TINGKAT PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI MAHASISWA PENDIDIKAN MASYARAKAT FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

Penulis

  • Putri Wulandari Universitas Sriwijaya
  • Mega Nurrizalia Universitas Sriwijaya
  • Ardi Saputra Universitas Sriwijaya

Kata Kunci:

Aplikasi TikTok, Edukasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penggunaan media sosial TikTok sebagai media edukasi mahasiswa pendidikan masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriftik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penggumpulan data menggunakan angket dan observasi. Hasil uji validasi ahli pada angket menghasilkan 32 item soal dan pada uji validitas dengan bantuan spss seluruh item dinyatakan valid. Selain itu, pada hasil uji realibilitas r_hitung memperoleh 0,807 dan dinyatakan reliabel. Sampel penelitian berjumlah 67 orang yang merupakan mahasiswa pendidikan masyarakat angkatan 2021-2023. Penentuan sampel berdasarkan perhitungan rumus slovin dan disesuaikan dengan kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat penggunaan media sosial TikTok sebagai media edukasi mahasiswa pendidikan masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya indikator jumlah waktu dengan skor 1.009 dengan kategori tinggi, indikator isi media dengan skor 743 dengan kategori rendah dan indikator keterkaitan media dengan individu dengan skor 1.062 dengan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat penggunaan media sosial TikTok sebagai media edukasi mahasiswa pendidikan masyarakat menunjukan sebagian besar mahasiswa memanfaatkan video eduasi yang berada di aplikasi TikTok sebagai media yang bermanfaat dalam membantu menggali informasi dan pengetahuan.

This research aims to determine the level of use of TikTok social media as an educational medium for community education students at FKIP Sriwijaya University. This type of research is descriptive analysis using a quantitative approach. Data collection techniques use questionnaires and observation. The results of the expert validation test on the questionnaire produced 32 question items and in the validity test with the help of SPSS all items were declared valid. Apart from that, the r_count reliability test results obtained 0.807 and were declared reliable. The research sample consisted of 67 people who were community education students class 2021-2023. Sample determination was based on the Slovin formula calculation and adjusted to the inclusion criteria. The results of the research show that the level of use of social media TikTok as an educational medium for community education students at FKIP Sriwijaya University is the indicator for the amount of time with a score of 1,009 in the high category, the media content indicator with a score of 743 in the low category and the indicator of media connection with individuals with a score of 1,062 in the low category. The research results show that the level of use of social media TikTok as an educational medium for public education students shows that the majority of students use educational videos on the TikTok application as a useful medium to help gain information and knowledge.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30