PERAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS DAN INOVASI SISWA KELAS XII DI SMA KATOLIK KARITAS TOMOHON
Kata Kunci:
Inovasi, Kreativitas, Kurikulum Merdeka BelajarAbstrak
Abstrak
Peranan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa kelas XII di SMA Katolik Karitas Tomohon. dengan tujuan untuk mengetahui fungsi kurikulum tersebut dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata, bukan angka-angka. prof. Dr. Sugiono, penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hal ini melibatkan guru yang perlu menciptakan lingkungan belajar yang mendorong partisipasi aktif siswa. Proses pengajaran harus dirancang untuk memicu keingintahuan, eksplorasi, dan kreativitas siswa. implementasi kurikulum pembelajaran mandiri melibatkan penciptaan lingkungan belajar yang mendorong partisipasi aktif siswa dan memicu keingintahuan, eksplorasi, dan kreativitas. Kurikulum ini menekankan fleksibilitas bagi guru untuk menyesuaikan rencana pembelajaran dengan kebutuhan dan minat siswa secara individu, dan penggunaan teknologi terintegrasi untuk memfasilitasi kreativitas dan inovasi.
Abstract
The role of Merdeka Belajar Curriculum in developing creativity and innovation of class XII students at Karitas Tomohon Catholic High School. with the aim of knowing the function of the curriculum in developing student creativity and innovation.This type of research is descriptive qualitative research, namely data collected in the form of words, not numbers. According to Prof. Dr. Sugiono, qualitative research is a research method based on the philosophy of postpositivism, used to research on natural object conditions, researchers are key instruments, data collection techniques are triangulated, and qualitative research results emphasize meaning rather than generalization.The implementation of an independent learning curriculum involves several steps and strategies that can support more effective learning progress. This involves teachers needing to create a learning environment that encourages active student participation. The teaching process should be designed to trigger students'' curiosity, exploration and creativity.The implementation of the self-paced learning curriculum involves creating a learning environment that encourages active student participation and triggers curiosity, exploration and creativity. The curriculum emphasizes flexibility for teachers to tailor learning plans to individual student needs and interests, and the use of integrated technology to facilitate creativity and innovation.