PENDEKATAN PSIKOLOGIS DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MEMAHAMI KEBUTUHAN EMOSIOMAL SISWA
Kata Kunci:
Pendidikan Agama Kristen, Psikologi, Etika, MoralAbstrak
Tujuan Penulisan Artikel Ini adalah melihat sejauh mana psikologi pendidikan agama kristen dalam menyiapkan metode pembelajaran yang utuh, secara kognitif melainkan juga secara emosional. Pendidikan agama kristen juga dapat memberikan daftar etika yang kuat dalam praktik psikologi. Etika Kristen yang mengajarkan nilai - nilai yang kuat kepada individu. Hal ini dapat membentuk pola pikir yang positif dan mempengaruhi perkembangan psikologis seseorang. Adapun metode penilitian yang di gunakan adalah penilitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil dari penilitian ini merujuk pada penerapan psikologi PAK dalam pendidikan krakter yang penting dan perlu untuk mengkaji perilaku peserta didik dan umat krsiten agar kehidupannya di dasari pada firman tuhan.Kesimpulannya memperlihatkan hubungan dan peran pendidikan agama ksristen dan psikologi dalam kehidupan manusia. Hasil kajian ini yang di lakukan menemukan bahwa peran psikologi pendidikan agama kristen di dalam pelaksanaan pembelajaran masa sekarang sangat besar karena menentukan metode dan strategi.
The purpose of writing this article is to see the extent to which the psychology of christian religious education has prepared a complete learning method, cognitively but also emotionally. Christian religious education can also provide a strong list of ethics in the practice of psychology. Christian ethics that teach strong values to individuals. This can form a positive mindset and influence a person’s psychologocal development . The research method used is qualitative research with a literature study approach . The results of this research refer to the application of Pak psychology in character education which is important and necessary to study the behavior of students and christians so that their lives are based on the word of god. The conclusion shows the relationship and role of christian religious education and psychology in human life. The results of this study found thatthe role of psychology in christian religious education in the implementation of contemporary learning is very large because it determines methods and strategies.