KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SD KATOLIK ST. THOMAS AQUINO SEA

Penulis

  • Marianus Muharli Mua STP Don Bosco Tomohon
  • Ignasia Brigita Lontaan STP Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Kemampuan Profesional, Kesulitan Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru-guru di SD Katolik St. Thomas Aquino Sea mengidentifikasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa, kemampuan profesional guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sumber data yakni kepala sekolah dan guru-guru di SD Katolik St Thomas Aquino Sea. Dari hasil penelitian yang didapatkan bahwa kesulitan belajar sebagai suatu keadaan dimana siswa memiliki hambatan dalam mengikuti pembelajaran sehingga sulit untuk belajar, kesulitan yang dialami oleh siswa dapat dilihat dari gerak-gerik siswa tersebut yang tidak fokus saat proses belajar mengajar. Strategi yang diberikan yaitu pendekatan khusus dengan siswa yang mengalami kesulitan belajar dan ajak untuk berbicara seperti teman maka mereka akan merasa diperhatikan oleh guru. Guru-guru menggunakan metode yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa yang mengalami kesulitan belajar dengan cara mengenal karakter dari siswa yang mengalami kesulitan belajar. Faktor yang mendukung guru-guru di SD Katolik St. Thomas Aquino Sea yaitu dari orang tua siswa itu sendiri, karena ketika orang tua tidak mendukung proses belajar mengajar anak mereka maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan belajar. Faktor yang menghambat guru-guru di SD Katolik St. Thomas Aquino Sea yaitu siswa itu sendiri yang tidak memiliki niat untuk belajar dan malas datang ke sekolah.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20