PARTISIPASI SISWA PADA IBADAT SABDA DI SMP NEGERI 4 TOMOHON
Kata Kunci:
Partisipasi, Ibadat Sabda, Siswa, PembinaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana partisipasi siswa pada ibadat sabda di SMP Negeri 4 Tomohon, faktor pendukung dan penghambat partisipasi siswa pada ibadat sabda di SMP Negeri 4 Tomohon dan upaya apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan partisipasi siswa pada ibadat sabda di SMP Negeri 4 Tomohon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih mendalam mengenai partisipasi siswa pada ibadat sabda di SMP Negeri 4 Tomohon. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Katolik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa pada ibadat sabda dari sisi penyelenggara maupun dari sisi peserta secara umum belum dapat dikatakan baik, namun sebagai salah satu aktivitas kerohanian pelaksanaan ibadat sabda dapat dikatakan baik. Adapun faktor pendukung penerapan ibadat sabda yaitu, osis, pemimpin ibadat, peserta ibadat dan sarana prasarana sehingga penerapan ibadat sabda dapat dilaksanakan, sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu, kurangnya rasa tanggung jawab pemimpin ibadat, siswa kurang mahir membaca, pemimpin tidak melakukan persiapan, kurangnya keterlibatan siswa dalam nyanyian, dialog dan aklamasi. Dalam meningkatkan penerapan ibadat sabda terdapat upaya-upaya yang harus dilakukan yakni pemimpin ibadat harus mengikuti pelatihan, osis harus memberi sanksi pada siswa yang tidak menjalankan tugasnya, osis dan guru bekerja sama untuk memberikan pembinaan kepada semua siswa mengenai ibadat sabda, petugas lagu menyanyikan lagu yang diketahui oleh peserta ibadat.