ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TERHADAP KINERJA GURU
Kata Kunci:
kepemimpinan visioner, kepala sekolah, kinerja guru, pendekatan kualitatifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya kepemimpinan visioner kepala sekolah SMA Negeri 1 Siantar Narumonda dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Kepemimpinan visioner merujuk pada kemampuan seorang pemimpin untuk memahami situasi masa depan, membuat kebijakan sesuai kebutuhan, mengatasi tantangan, memiliki visi yang jelas, mampu mengomunikasikannya dengan baik, serta berani mengambil risiko untuk melakukan perubahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan staf administrasi sebagai subjek penelitian yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SMA Negeri 1 Siantar Narumonda mengimplementasikan nilai-nilai kepemimpinan visioner dalam menjalankan tugasnya, yang berdampak signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Unsur-unsur kepemimpinan visioner seperti kemampuan menetapkan arah organisasi, pemahaman terhadap kebutuhan masyarakat, pengaruh yang dimiliki, dan kemampuan mengantisipasi masa depan dianggap penting oleh responden dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan visioner kepala sekolah SMA Negeri 1 Siantar Narumonda memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kinerja guru di sekolah tersebut.