PEMANFAATAN KREATIVITAS GENERASI Z DALAM MENDUKUNG PENGINJILAN SECARA DIGITAL: STUDI KASUS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN PRESIDEN-WAKIL PRESIDEN 2024

Penulis

  • Matias STT Presbyterian Indonesia

Kata Kunci:

Generasi Z, Pilpres, Kreativitas, Media Sosial, Penginjilan

Abstrak

Generasi Z (Gen Z) menjadi sosok kunci dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Keberadaan mereka diakui sebagai faktor penting atas kemenangan pasangan Prabowo- Gibran menjadi Presiden/Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Gen Z yang lahir pada era digital 1990-an hingga awal tahun 2010-an disebut-sebut sangat menentukan dalam memengaruhi generasi sebayanya maupun generasi (Y) di atasnya untuk menetapkan pilihan pada pasangan calon urut nomor 2. Berbeda dengan pandangan gereja yang belum melihat Gen Z sebagai faktor penting kesuksesan sebuah misi penyampaian Injil, Prabowo- Gibran justru mengedepankan influencer muda untuk mengelola dan mengemas kampanye yang populer dengan tagline gemoy dan Oke Gas. Gen Z memiliki kreatifitas yang sebenarnya dapat mengemas Amanat Agung Tuhan Yesus Kristus (Matius 28 : 19 – 20) dengan lebih menarik. Pemberitaan Injil lewat mimbar semata sudah ketinggalan. Teknologi memungkinkan untuk menyebarkan pemberitaan Injil secara luas. Itulah sebabnya, studi kasus metode kampanye Prabowo-Gibran patut dikaji. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis konten media sosial serta mengangkat pandangan-pandangan akan pengaruh media sosial. Implikasi dari temuan ini adalah memahami betapa pentingnya dinamika digital dan kreativitas Gen Z dalam mengembangkan strategi penginjilan di era milineal ini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31