https://ojs.co.id/1/index.php/jep/issue/feedJurnal Eksplorasi Pendidikan2024-11-29T17:31:52+00:00Open Journal Systemshttps://ojs.co.id/1/index.php/jep/article/view/2102IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK CITA SAHABAT MULIA DENGAN PENDEKATAN BILINGUAL2024-11-05T10:05:31+00:00Iin Maulinaiin.maulina@unmuhpnk.ac.idDhika Setya Ningrum 221610002@unmuhpnk.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Cita Sahabat Mulia dengan melakukan pendekatan bilingual. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi satuan pendidikan untuk merancang kurikulum sesuai kebutuhan peserta didik. Pendekatan bilingual ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas lebih dalam suatu proses pembelajaran, diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan melalui penggunaan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observarsi, wawancara mendalam dengan guru dan menganalisis dokumen kurikulum serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dengan melakukan pendekatan bilingual telah memberikan manfaat signifikan, yaitu memberikan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, antara lain pendekatan tersebut telah meningkatkan keterampilan berbahasa anak-anak, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, serta mendorong partisipasi aktif dan kreatif anak dalam proses kegiatan belajar. Guru juga dapat melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar mengajar. Namun, ada beberapa tantangan bagi guru ketika kesulitan beradaptasi terhadap kurikulum baru, hal tersebut tentunya diperlukan adanya dukungan lebih lanjut dalam bentuk pelatihan guru dan penyempurnaan kurikulum untuk mengatasi tantangan yang ada. Dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa penelitian ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendekatan bilingual, dengan memberikan kontribusi penting dalam aspek pemahaman mengenai implementasi kurikulum inovatif di lingkungan pendidikan anak usia dini.</p>2024-11-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Eksplorasi Pendidikanhttps://ojs.co.id/1/index.php/jep/article/view/2180PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SEGITIGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS 22024-11-17T12:52:55+00:00Lathifatuz Zakiyah292020041@student.uksw.eduDani kusumadani.kusuma@uksw.edu<p>Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan langkah – langkah pengembangan media pembelajaran Puzzle Segitiga, mengetahui tingkat kevalidan media pem-belajaran, mengetahui tingkat keefektifan, serta mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran pembelajaran Puzzle Segitiga untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bilangan cacah untuk kelas 2 SD. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan model ADDIE (Analysis, De-sign, Development, Implementation, Evaluation). Penulis telah mendapatkan hasil validasi dari ahli materi yang mendapatkan skor 82% sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi, serta dari ahli media pembelajaran mendapatkan skor 91% sehingga juga termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji Paired Samples Test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest dari penilaian hasil belajar peserta didik kelas 2 pada materi bilangan cacah. Serta hasil uji kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran Puzzle Segitiga dapat dilihat dari hasil rata – rata yang diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa kelas 2 yang mendapatkan skor 85.825% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran Puzzle Segitiga pada materi bilangan cacah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 di SD Negeri Plumutan Kecamatan Bancak.</p> <p><em>This study aims to explain the steps of developing Puzzle Segitiga learning media, determine the level of validity of the learning media, and determine the level of effectiveness of Puzzle Segitiga learning media to improve learning outcomes in the material of whole numbers for second grade of elementary school. The development model used in this study is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The author has obtained validation results from material experts who got 82% of score so that it is included in the very high category, and from learning media experts got a score of 91% so that it is also included in the very high category. The results of the Paired Samples Test show that the sig value (2-tailed) is 0.000 <0.05, so it can be concluded that there is a significant difference between the pretest and posttest results from the assessment of learning outcomes of second grade students on the material of whole numbers. Also, the results of the practicality test of developing Puzzle Segitiga learning media can be seen from the average results obtained from distributing questionnaires to second grande students who got a score of 85.825% so they are included in the very practical category. Therefore, the development of the Puzzle Segitiga learning media on the material of whole numbers is effective in improving the learning outcomes of second grade students at Plumutan Elementary School, Bancak.</em></p>2024-11-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Eksplorasi Pendidikanhttps://ojs.co.id/1/index.php/jep/article/view/2141IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR2024-11-11T03:37:44+00:00Titin Sunaryatititin.sunaryati@pelitabangsa.ac.idNabiilah ' Alimahnabiilahalimah289@gmail.comDedeh Rohimidedehrohimi230@gmail.comNadine Nur Hasannadinenurhasan368@gmail.comEmalia Putriputriemalia628@gmail.com<p>Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai ideologi pancasila yang didalamnya terdapat nilai-nilai dasar berperikemanusiaan dan berkepribadian yang tentu menjadi dasar konsep warga global, hal tersebut tentu sebagaimana yang tercantum dalam tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. Secara teori penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mencari tahu sejauh mana peranan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengimplementasia nilai- nilai pancasila pada anak Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan dokumentasi, artikel, jurnal, buku, berita maupun pernyataan resmi organisasi. Analisis data menggunakan Triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan itu memiliki peranan penting terhadap anak Sekolah Dasar dalam menanamkan nilai-nilai pancasila untuk diaplikasikan kedalam proses pembelajaran.</p> <p><em>Citizenship Education has a very important role and function in instilling the values of Pancasila ideology in which there are basic humane and personality values which of course become the basis for the concept of global citizenship, this is of course as stated in the objectives of Citizenship Education. In theory, this study aims to analyze and find out the extent to which the role of Citizenship Education subjects in the implementation of Pancasila values in elementary school children. This research is aqualitative research. The data collection technique uses documentation, articles, journals, books, news and official statements of the organization. Data analysis using triangulation. The conclusion of this study states that civic education has an important role for elementary school children in instilling Pancasila values to be applied to the learning process.</em></p>2024-11-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Eksplorasi Pendidikanhttps://ojs.co.id/1/index.php/jep/article/view/2162EFEKTIVITAS PENDIDIKAN SEKS BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PKBM MUTIARA TIMUR2024-11-13T13:44:48+00:00Iin Maulina iin.maulina@unmuhpnk.ac.idDwi Hendriani 221610006@unmuhpnk.ac.id<p>Penelitian ini menilai efektivitas pendidikan seks digital menggunakan aplikasi Wordwall di PAUD PKBM Mutiara Timur. Dengan metode studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman anak-anak tentang tubuh, perbedaan gender, dan pentingnya menjaga privasi.</p> <p><em>This study assesses the effectiveness of digital sex education using the Wordwall application at PAUD PKBM Mutiara Timur. A qualitative case study method was employed, with data collected through observation and interviews. The results show an improvement in children's understanding of their bodies, gender differences, and the importance of maintaining privacy.</em></p>2024-11-29T00:00:00+00:00Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Eksplorasi Pendidikan