DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KARAKTER DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK
Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Pengembangan Karakter Peserta Didik, Daya Kreativitas, Proyek Pembelajaran, Nilai Moral, Inovasi, Dan Pembelajaran EkonomiAbstrak
Kurikulum Merdeka adalah program pendidikan di Indonesia yang memajukan pembelajaran melalui proyek untuk meningkatkan kemampuan siswa secara komprehensif. Studi ini menyelidiki pengaruh implementasinya pada karakter dan kreativitas siswa, dengan penekanan pada pengembangan nilai etis seperti kejujuran dan simpati, serta peningkatan kemampuan inovatif dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini penting untuk memahami bagaimana kurikulum inovatif ini membekali siswa menghadapi tantangan di masa depan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka meningkatkan kreativitas siswa melalui kegiatan proyek yang memungkinkan eksplorasi ide bebas, seperti dalam simulasi inovatif. Dalam aspek karakter, siswa mengalami peningkatan tanggung jawab dan kerja sama, meskipun kendala seperti perbedaan dukungan dari guru dapat menghambat perkembangan simpati.
The Independent Curriculum (Kurikulum Merdeka) is an Indonesian educational program that promotes project-based learning to comprehensively develop students' abilities. This study investigates the impact of its implementation on students' character and creativity, with an emphasis on ethical development values such as honesty and compassion, as well as on enhancing innovative problem-solving skills. This research is crucial for understanding how this innovative curriculum equips students to face future challenges. The research method employed a qualitative approach. The findings indicate that the Independent Curriculum enhances students' creativity through project activities that allow for the free exploration of ideas, such as innovative simulations. In terms of character, students experience increased responsibility and cooperation, although obstacles such as differences in teacher support can hinder the development of compassion.




