OPTIMALISASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN UNTUK KOLABORASI PERSONAL DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Kata Kunci:
Sistem Informasi Manajemen, Pendidikan, Kolaborasi PersonalAbstrak
Perkembangan teknologi digital menuntut lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan sistem yang lebih efisien, transparan, dan inklusif. Salah satu upaya penting dalam konteks ini adalah optimalisasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang tidak hanya berfungsi sebagai sarana administrasi, tetapi juga sebagai instrumen strategis dalam meningkatkan kolaborasi personal antar pemangku kepentingan pendidikan. Artikel ini membahas penerapan SIM dalam berbagai aspek, mulai dari penggunaan e-raport yang menghadirkan transparansi capaian akademik, absensi digital yang efektif memantau kehadiran siswa secara real-time, hingga dashboard perkembangan siswa yang memberikan gambaran menyeluruh terhadap proses pembelajaran. Selain itu, SIM juga mendukung layanan konseling digital, baik untuk siswa maupun orang tua, bahkan berpotensi diperluas sebagai layanan konseling masyarakat umum. Dengan konsep ini, sekolah tidak hanya menjadi lembaga pendidikan formal, tetapi juga pusat konsultasi yang memperkuat citra dan kontribusinya di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur (literature review) yang menelaah jurnal, buku, dan laporan penelitian terkini pada rentang 2018–2024. Hasil kajian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan infrastruktur digital dan literasi teknologi, kelebihan SIM lebih dominan, khususnya dalam hal efisiensi, akuntabilitas, dan kolaborasi. Oleh karena itu, optimalisasi SIM dipandang sebagai strategi penting untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang adaptif, modern, dan relevan dengan kebutuhan zaman.
The rapid advancement of digital technology requires educational institutions to adapt to systems that are more efficient, transparent, and inclusive. One crucial approach is the optimization of Management Information Systems (MIS), which serve not only as administrative tools but also as strategic instruments to enhance personal collaboration among educational stakeholders. This article explores the implementation of MIS in various aspects, including e-report cards that ensure transparency in academic achievement, digital attendance systems that enable real-time monitoring of student presence, and student progress dashboards that provide comprehensive insights into learning development. Moreover, MIS also supports digital counseling services for both students and parents, and has the potential to be extended as a community-wide consultation platform. Such development positions schools not only as formal educational institutions but also as consultation centers that enhance their reputation and societal contributions. The research method employed is a literature review, examining journals, books, and recent studies published between 2018 and 2024. The findings indicate that despite challenges such as limited digital infrastructure and gaps in technological literacy, the advantages of MIS outweigh the drawbacks, particularly in terms of efficiency, accountability, and collaboration. Therefore, optimizing MIS is considered a vital strategy to build an educational ecosystem that is adaptive, modern, and aligned with the demands of the digital era.




