EVALUASI MANAJEMEN KELAS SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

Penulis

  • Hasrijal Universitas Rokania
  • Bolona Rezana Universitas Rokania
  • Syafrina Universitas Rokania
  • Desra Iflianti Universitas Rokania
  • Thiara Adfimaharani Universitas Rokania

Kata Kunci:

Manajemen Kelas, Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Siswa Dasar, Disiplin Kelas

Abstrak

Manajemen kelas memainkan peran penting dalam perkembangan holistik siswa sekolah dasar, tidak hanya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif tetapi juga untuk menanamkan karakter dan meningkatkan motivasi belajar. Studi berbasis literatur ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi manajemen kelas dalam konteks pembentukan karakter dan motivasi belajar di antara siswa sekolah dasar. Melalui analisis kualitatif dari artikel penelitian yang relevan, studi ini menemukan bahwa manajemen kelas yang efektif yang mencakup disiplin proaktif, interaksi guru-siswa yang mendukung, dan rutinitas yang terstruktur berkontribusi secara signifikan terhadap pembentukan karakter dan motivasi belajar siswa. Studi ini merekomendasikan agar guru sekolah dasar mengintegrasikan pendidikan karakter dan strategi motivasional ke dalam rutinitas kelas untuk mendorong perkembangan afektif dan kognitif siswa.

Classroom management plays a pivotal role in the holistic development of elementary school students, not only to create a conducive learning environment but also to instill character and enhance learning motivation. This literature-based study aims to evaluate classroom management strategies in the context of character building and learning motivation among primary school students. Through a qualitative analysis of relevant research articles, this study finds that effective classroom management comprising proactive discipline, supportive teacher-student interaction, and structured routines significantly contributes to students' character formation and learning motivation. The study recommends that elementary school teachers integrate character education and motivational strategies into classroom routines to foster students affective and cognitive development

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30