PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, KETRAMPILAN SOSIAL, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 3 KALIBATURTAHUN PELAJARAN 2024-2025
Kata Kunci:
Kemandirian Belajar, Keterampilan Sosial, Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar, IPASAbstrak
Pendidikan merupakan salah satu faktor kunci dalam membentuk karakter siswa dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas serta mampu bersaing di era global, khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Namun demikian, pencapaian hasil belajar siswa, khususnya pada jenjang kelas tinggi di sekolah dasar, masih menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, keterampilan sosial, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tiga variabel bebas yaitu kemandirian belajar, keterampilan sosial, dan lingkungan belajar, serta satu variabel terikat yaitu prestasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 sampai 6 di SDN 3 Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, dengan jumlah total 103 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa dipilih menggunakan teknik sampling tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi, sementara teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar, keterampilan sosial, dan lingkungan belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar IPAS, dengan nilai F hitung sebesar 3,662 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2,79 (F hitung > F tabel). Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan kualitas kemandirian belajar, keterampilan sosial, dan lingkungan belajar sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada siswa untuk lebih aktif dan mandiri dalam proses belajar, serta kepada guru dan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan mengembangkan keterampilan sosial siswa secara optimal.