PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU

Penulis

  • Trisensia Resti Mulawarman
  • Marsiana Kavung Mulawarman
  • Rifni Hikmat Syarifuddin Mulawarman
  • Warman Mulawarman

Kata Kunci:

Kepala Sekolah, Supervisor Pendidikan, Profesionalisme Guru

Abstrak

Peran kepala sekolah sangat strategis dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pengembangan profesionalisme dan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kepala sekolah dapat memotivasi, membimbing, dan mengawasi guru agar lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya serta meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi di beberapa sekolah dasar di wilayah X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah yang efektif mampu menerapkan manajemen pembelajaran, memberikan pelatihan dan pengembangan kompetensi guru, serta menciptakan iklim kerja yang mendukung kolaborasi dan inovasi. Dengan demikian, peran kepala sekolah berkontribusi signifikan dalam peningkatan profesionalisme dan kinerja guru yang pada akhirnya berdampak positif terhadap mutu pendidikan secara keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya peningkatan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah sebagai upaya strategis dalam pengembangan sumber daya manusia di dunia pendidikan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30