PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN ALAT PERAGAMIKIRO (DIORAMA LISTRIK MIKRO HIDRO) PADA MATERI PEMANFAATAN ENERGI AIR SEBAGAI SUMBER LISTRIK KELAS IV SDN 3 TANGGULKUNDUNG

Penulis

  • Samsul Arifin Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Dian Septi Nur Afifah Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Kadeni Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Kata Kunci:

PBL, Alat Peraga Mikiro, Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) menggunakan alat peraga Mikiro (diorama listrik mikro hidro) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas IV SDN 3 Tanggulkundung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan triangulasi data dari observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan Mikiro mampu meningkatkan keaktifan, pemahaman konsep, dan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, serta merancang solusi yang logis dan aplikatif. Melalui kegiatan diskusi, percobaan, dan refleksi, peserta didik menunjukkan keterlibatan aktif serta kemampuan berpikir kritis dalam menjelaskan proses konversi energi air menjadi listrik. Selain itu, motivasi belajar peserta didik meningkat, yang terlihat dari hasil angket yang mayoritas berada dalam kategori tinggi hingga sangat tinggi. Penggunaan alat peraga Mikiro secara kontekstual menjadikan pembelajaran lebih menarik dan bermakna, serta mendukung pengembangan kompetensi peserta didik dalam menyelesaikan masalah nyata. Dengan demikian, model PBL berbantuan Mikiro sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran IPAS di sekolah dasar khususnya materi pemanfaatan energi air menjadi sumber listrik.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30