PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS DIGITAL MATERI TUMBUHAN, SUMBER KEHIDUPAN DI BUMI PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS 4 SDN JEGU 02 KABUPATEN BLITAR
Kata Kunci:
Komik Digital, MediaPembelajaran, Pembelajaran IPASAbstrak
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 4 pada Kurikulum Merdeka mencakup berbagai materi yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman dasar tentang alam dan kehidupan di sekitar siswa. Metode yang digunakan adalah yang bergenre penelitian&pengembangan (R&D), serta pengembangan yang peneliti gunakan adalah model Borg and Gall. Media yang dihasilkan berupa media komik berbasis digital dengan materi tentang "Tumbuhan, Sumber Kehidupan di Bumi". Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk menelaah pengembangan, kevalidan dan keefektifan media komik berbassis digital. Lembar validasi, dan serta respon siswa dan guru akan menjadi instrumen yang penelit gunakan dalam proses ambil data untuk penelitian. Hasil data tersebut berhasil dibuktikan dalam perolehan nilai validasi pada ahli materi mencapai 80%, ahli media mencapai 97,5%, ahli bahasa mencapai 94,3% serta nilai respon guru sebesar 97,5% dan rata-rata siswa 86,75%. Berdasarkan oleh hasil penelitian tersebut dapat peneliti simpulkan bahwasaya media komik berbasis digital masuk dalam kategori valid serta layak diterapkan pada pengajaran IPAS.
The Natural and Social Sciences (IPAS) subject for 4th graders in the Kurikulum Merdeka covers a range of topics aimed at helping students better understand nature and life around them. The research used an R&D (Research&Development) approach, and the development model followed was the Borg and Gall model. The end product is a digital comic-style learning media with the theme "Plants, the Source of Life on Earth". The main purpose of this study was to figure out how the media was developed, and whether it was valid, feasible, and effective. To gather the data, the researchers used validation sheets from experts and questionnaires from both students and teachers. The results showed the material expert gave a validation score of 80%, the media expert gave 97.5%, and the language expert gave 94.3%. Meanwhile, teachers gave a positive response score of 97.5% and students gave an average score of 98%. Based on these findings, the digital comic media is considered valid and suitable to be used in IPAS lessons.