PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PARTISIPASI AKTIF BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH PERADABAN ISLAM DI SMPN 02 SAROLANGUN

Penulis

  • Rusmini UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Ahmad Ridwan UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Noverma UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi
  • Perawati UIN Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi

Kata Kunci:

Media Kartun Islam, Motivasi Siswa, Partisipasi Aktif, Pendidikan Sejarah Islam, Keterlibatan Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media karikatur Islam untuk meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Sejarah Peradaban Islam di SMP Negeri 02 Sarolangun. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi pembelajaran berbasis visual dapat mengubah dinamika kelas dan mendorong keterlibatan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas delapan dan seorang guru sejarah, dengan data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi karikatur Islam ke dalam pembelajaran di kelas secara signifikan meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme, ketekunan dalam menyelesaikan tugas, dan kepuasan terhadap proses pembelajaran. Selain itu, media berbasis karikatur mendorong partisipasi aktif, karena siswa lebih cenderung bertanya, bergabung dalam diskusi, dan menafsirkan konten sejarah visual secara kritis. Siswa menanggapi secara positif penggunaan media karikatur, menganggapnya menarik dan efektif dalam membantu mereka memahami konsep sejarah yang kompleks dan nilai-nilai moral. Kesimpulannya, media karikatur Islam tidak hanya merupakan alat pengajaran yang praktis dan mudah diakses, tetapi juga merupakan strategi efektif untuk mendorong pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam pendidikan sejarah Islam. Studi ini merekomendasikan penerapannya yang lebih luas sebagai pedagogi yang inovatif dan relevan secara budaya untuk memperkuat perkembangan kognitif dan karakter siswa. This study aims to explore the use of Islamic caricature media to enhance students' learning motivation and active participation in Islamic Civilization History (Sejarah Peradaban Islam) classes at SMP Negeri 02 Sarolangun. Employing a qualitative descriptive approach, the research focuses on how visual-based learning strategies can transform classroom dynamics and promote student engagement. The subjects of this study were eighth-grade students and one history teacher, with data collected through participatory observation, in-depth interviews, and documentation. The findings indicate that the integration of Islamic caricatures into classroom instruction significantly boosts students’ motivation to learn. Students demonstrated increased enthusiasm, persistence in completing assignments, and satisfaction with the learning process. Moreover, caricature-based media fostered active participation, as students were more likely to ask questions, join discussions, and interpret visual historical content critically. The students responded positively to the use of caricature media, perceiving it as both engaging and effective in helping them understand complex historical concepts and moral values. In conclusion, Islamic caricature media is not only a practical and accessible teaching tool but also an effective strategy to encourage student-centered learning in Islamic history education. This study recommends its broader application as an innovative and culturally relevant pedagogy to strengthen both cognitive and character development among students.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30