PENGARUH KURIKULUM BERBASIS KEHIDUPAN TERHADAP KINERJA GURU DI PERSEKOLAHAN YAYASAN PENDIDIKAN LOKON TOMOHON

Penulis

  • Bernadina Waha Labuan Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Don Bosco Tomohon
  • Prisilia Stibis Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Don Bosco Tomohon
  • Maria Delfi Sambagu Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Don Bosco Tomohon
  • Santa Inggriani Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Kurikulum Berbasis Kehidupan, Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru tentang kurikulum berbasis kehidupan, tingkat kinerja guru, dan seberapa besar pengaruh dari kurikulum berbasis kehidupan terhadap kinerja guru di Persekolahan Yayasan Pendidikan Lokon Santo Nikolaus Tomohon. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan april sampai pada awal mei 2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, penelitian kuantitatif. Responden dalam penelitian ini yaitu seluruh guru di SMA dan SMP Lokon Santo Nikolaus Tomohon yang berjumlah 67 guru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan membagikan kuesioner dengan alternatif jawaban yaitu Sangat Setuju (4), Setuju (3), Tidak Setuju (2), dan Sangat Tidak Setuju (1). Penelitian kuantitatif ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kurikulum berbasis kehidupan memperoleh hasil koefisien hitung sebesar 0,83 berada pada kategori sangat baik, kinerja guru memperoleh hasil koefisien hitung sebesar 0,88 berada pada kategori sangat baik, serta adanya pengaruh kurikulum berbasis kehidupan terhadap kinerja guru dengan hasil koefisien determinasi 0,461. Dari hasil ini dengan melihat interval koefisien dikategorikan sedang dengan prosentase 46,1% dan 53,9% dipengaruhi faktor lain.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30