EFEKTIVITAS MODEL SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA NEGERI 1 SAWAN

Penulis

  • Ica Noprianta Br Ginting Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astra Wesnawa Universitas Pendidikan Ganesha

Kata Kunci:

SDL Berbasis Lingkungan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Geografi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran SDL berbasis lingkungan dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi. Permasalahan yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan oleh partisipasi pasif dalam pembelajaran, kurangnya inisiatif belajar, serta nilai rata-rata yang belum mencapai KKM di atas 75. Model SDL berbasis lingkungan dipilih karena dinilai mampu mendorong siswa untuk lebih mandiri, aktif, dan kontekstual dalam pembelajaran melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang nyata dan relevan dalam pembelajaran geografi desain penelitian menggunakan rancangan eksperimen semu. Sampel penelitian adalah kelas A sebagai kelas eksperimen dan Kelas D sebagai kelas Kontrol yang dipilih secara random terlebih dahulu melalui uji kesetaraan kelas. Data yang dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, tes, serta dokumentasi. Selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran SDL berbasis lingkungan yang dilakukan menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi, (2) Aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan, (3) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana siswa di kelas eksprimen menunjukkan peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas control, dan dan pengujian efektivitas belajar yang terbukti sangat efektif melalui N-Gain.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29