UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEKOLAH LANJUTAN PADA SISWA SMPN 57 PALEMBANG MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK

Penulis

  • Ria Tri Puji Lestari Universitas Sriwijaya Palembang
  • Fadhlina Rozzaqyah Universitas Sriwijaya Palembang
  • Fatiah Qonita Universitas Sriwijaya Palembang

Kata Kunci:

Bimbingan Konseling, Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain

Abstrak

Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan. Dalam prosesnya pendidikan memiliki berbagai ragam masalah atau hambatan yang menyertai. Salah satu hambatan yang kemungkinan banyak dialami oleh seorang siswa adalah pemilihan sekolah lanjutan. Oleh karena itu perlu adanaya layanan yang mendorong peserta didik agar memahami sekolah lanjutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan peserta didik pemahaman terkait sekolah lanjutan. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan Layanan Bimbingan dan Konseling (PTL) yang dilaksnakan dalam dua siklus dengan jumlah siswa 8 orang. Jenis penelitian mengguanakan analisis deskriptif kauntitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan uji T-Test. Adapaun hasil yang diperoleh melaui layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan pemahaman sekolah lanjutan siswa kelas IX.4 meperlihatkan adanya intervensi perubahan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T-Test yang meningkat dari hasil pretes dengan mean 173 deangan kesalahan 4.463 dengan presentase 45% menjadi mean 174 dengan kesalahan 3.011 pada postest siklus 1 yang menignkat menjadi 57%. Sedangkan pada postest siklus II terlihat adanya peningkatan yang lebih signifiakn yaitu mean 190 dengan kesalahan mean 1.355 dengan presentase sekitar 75%.

Education is a crucial component of life. Throughout its process, education encounters various problems or obstacles. One common obstacle faced by students is choosing further education. Therefore, a service is needed to encourage students to understand their options for advanced schooling. The aim of this research is to provide students with an understanding of further education. This research employs a Guidance and Counseling Service Action Research (PTL) conducted in two cycles with a total of 8 students. The research type uses quantitative descriptive analysis. The data collection technique involves questionnaires, and the data analysis technique utilizes a T-Test. The results obtained through group guidance services in enhancing the understanding of further education among ninth-grade students of class IX.4 demonstrate a significant intervention of change. This can be observed from the test results, which increased from a pre-test mean of 173 with a standard error of 4.463 and a percentage of 45% to a mean of 174 with a standard error of 3.011 in the post-test of cycle 1, increasing to 57%. Furthermore, the post-test of cycle II shows a more significant increase, with a mean of 190 and a standard error of the mean of 1.355, representing approximately 75%.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29