STRATEGI DAN EFISIENSI PEMBIAYAAN DALAM MENINGKATKAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Agus Darman UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hamdi Abdul Karim UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Strategi Pembiayaan, Efisiensi, Mutu Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini ditujukan untuk mengupas bagaimana strategi dan efisiensi dilaksanakan untuk kelangsungan pembiayaan pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan lybrary riset. Hasilnya adalah strategi pembiayaan dan efisiensi penggunaan dana merupakan kunci penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam.  Dengan strategi pembiayaan yang tepat seperti diversifikasi sumber dana melalui kolaborasi dengan pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta lembaga pendidikan dapat memastikan keberlangsungan operasional dan program pengembangan mutu. Di sisi lain, efisiensi penggunaan dana menuntut perencanaan anggaran yang transparan, akuntabel, dan berbasis kebutuhan prioritas, seperti peningkatan kompetensi guru, pengadaan fasilitas belajar, serta inovasi kurikulum. Pengelolaan keuangan yang efektif ini tidak hanya mendukung peningkatan kualitas layanan pendidikan, tetapi juga memperkuat kepercayaan publik terhadap lembaga pendidikan Islam sebagai pilar pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak.

 

This study aims to explore how strategies and efficiency are implemented for the continuity of Islamic education financing. The method used is descriptive qualitative with a lybrary research approach. The result is that financing strategies and efficient use of funds are important keys in efforts to improve the quality of education in Islamic education institutions.  With the right financing strategy-such as diversifying funding sources through collaboration with the government, community and private sector-education institutions can ensure operational sustainability and quality development programs. On the other hand, the efficient use of funds demands transparent, accountable and prioritized needs-based budget planning, such as improving teacher competencies, procuring learning facilities and curriculum innovation. This effective financial management not only supports the improvement of the quality of education services, but also strengthens public trust in Islamic education institutions as a pillar of the development of superior and moral human resources.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29