PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE SEGITIGA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH KELAS 2
Kata Kunci:
Puzzle Segitiga, Bilangan Cacah, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan langkah – langkah pengembangan media pembelajaran Puzzle Segitiga, mengetahui tingkat kevalidan media pem-belajaran, mengetahui tingkat keefektifan, serta mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran pembelajaran Puzzle Segitiga untuk meningkatkan hasil belajar pada materi bilangan cacah untuk kelas 2 SD. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan model ADDIE (Analysis, De-sign, Development, Implementation, Evaluation). Penulis telah mendapatkan hasil validasi dari ahli materi yang mendapatkan skor 82% sehingga termasuk dalam kategori sangat tinggi, serta dari ahli media pembelajaran mendapatkan skor 91% sehingga juga termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji Paired Samples Test diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan hasil posttest dari penilaian hasil belajar peserta didik kelas 2 pada materi bilangan cacah. Serta hasil uji kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran Puzzle Segitiga dapat dilihat dari hasil rata – rata yang diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa kelas 2 yang mendapatkan skor 85.825% sehingga termasuk dalam kategori sangat praktis. Oleh karena itu pengembangan media pembelajaran Puzzle Segitiga pada materi bilangan cacah efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 2 di SD Negeri Plumutan Kecamatan Bancak.
This study aims to explain the steps of developing Puzzle Segitiga learning media, determine the level of validity of the learning media, and determine the level of effectiveness of Puzzle Segitiga learning media to improve learning outcomes in the material of whole numbers for second grade of elementary school. The development model used in this study is the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The author has obtained validation results from material experts who got 82% of score so that it is included in the very high category, and from learning media experts got a score of 91% so that it is also included in the very high category. The results of the Paired Samples Test show that the sig value (2-tailed) is 0.000 <0.05, so it can be concluded that there is a significant difference between the pretest and posttest results from the assessment of learning outcomes of second grade students on the material of whole numbers. Also, the results of the practicality test of developing Puzzle Segitiga learning media can be seen from the average results obtained from distributing questionnaires to second grande students who got a score of 85.825% so they are included in the very practical category. Therefore, the development of the Puzzle Segitiga learning media on the material of whole numbers is effective in improving the learning outcomes of second grade students at Plumutan Elementary School, Bancak.