IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA TERHADAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Titin Sunaryati Universitas Pelita Bangsa
  • Nabiilah ' Alimah Universitas Pelita Bangsa
  • Dedeh Rohimi Universitas Pelita Bangsa
  • Nadine Nur Hasan Universitas Pelita Bangsa
  • Emalia Putri Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Kurikulum Merdeka, Taman Kanak-Kanak, Bilingual

Abstrak

Pendidikan Kewarganegaraan memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam menanamkan nilai-nilai ideologi pancasila yang didalamnya terdapat nilai-nilai dasar berperikemanusiaan dan berkepribadian yang tentu menjadi dasar konsep warga global, hal tersebut tentu sebagaimana yang tercantum dalam tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. Secara teori penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mencari tahu sejauh mana peranan mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pengimplementasia nilai- nilai pancasila pada anak Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan dokumentasi, artikel, jurnal, buku, berita maupun pernyataan resmi organisasi. Analisis data menggunakan Triangulasi. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Pendidikan Kewarganegaraan itu memiliki peranan penting terhadap anak Sekolah Dasar dalam menanamkan nilai-nilai pancasila untuk diaplikasikan kedalam proses pembelajaran.

Citizenship Education has a very important role and function in instilling the values of Pancasila ideology in which there are basic humane and personality values which of course become the basis for the concept of global citizenship, this is of course as stated in the objectives of Citizenship Education. In theory, this study aims to analyze and find out the extent to which the role of Citizenship Education subjects in the implementation of Pancasila values in elementary school children. This research is aqualitative research. The data collection technique uses documentation, articles, journals, books, news and official statements of the organization. Data analysis using triangulation. The conclusion of this study states that civic education has an important role for elementary school children in instilling Pancasila values to be applied to the learning process.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29