IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI TAMAN KANAK-KANAK CITA SAHABAT MULIA DENGAN PENDEKATAN BILINGUAL
Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Taman Kanak-Kanak, BilingualAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak Cita Sahabat Mulia dengan melakukan pendekatan bilingual. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi satuan pendidikan untuk merancang kurikulum sesuai kebutuhan peserta didik. Pendekatan bilingual ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas lebih dalam suatu proses pembelajaran, diterapkan di lembaga pendidikan anak usia dini dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan melalui penggunaan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observarsi, wawancara mendalam dengan guru dan menganalisis dokumen kurikulum serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dengan melakukan pendekatan bilingual telah memberikan manfaat signifikan, yaitu memberikan potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini, antara lain pendekatan tersebut telah meningkatkan keterampilan berbahasa anak-anak, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, serta mendorong partisipasi aktif dan kreatif anak dalam proses kegiatan belajar. Guru juga dapat melaporkan peningkatan motivasi dan keterlibatan anak-anak dalam proses belajar mengajar. Namun, ada beberapa tantangan bagi guru ketika kesulitan beradaptasi terhadap kurikulum baru, hal tersebut tentunya diperlukan adanya dukungan lebih lanjut dalam bentuk pelatihan guru dan penyempurnaan kurikulum untuk mengatasi tantangan yang ada. Dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa penelitian ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendekatan bilingual, dengan memberikan kontribusi penting dalam aspek pemahaman mengenai implementasi kurikulum inovatif di lingkungan pendidikan anak usia dini.