IMPLEMENTASI PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA PENDIDIKAN ABAD 21

Penulis

  • Qurrata Ayuni Universitas Hamzanwadi
  • Donna Boedi Maritasari Universitas Hamzanwadi
  • Laili Nurhayati Puadi Universitas Hamzanwadi
  • Yesi Oktaviana Saidi Universitas Hamzanwadi
  • Nurul In Universitas Hamzanwadi
  • M. Rizaldi Universitas Hamzanwadi
  • Ardi Sri Lestari Universitas Hamzanwadi

Kata Kunci:

Implementasi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Terhadap Pendidikan Abad 21

Abstrak

Perkembangan pendidikan di Indonesia merupakan salah satu peran Ki Hajar Dewantara. Berbagai pemikiran yang beliau sumbangkan membawa kemajuan bagi pendidikan di Indonesia. Seiring dengan pemikiran manusia yang bermacammacam dan dipandang cocok dengan pendidikan di suatu tempat dan waktu tertentu, hal ini membuat pemikiran Ki Hajar tentang pendidikan mulai terlupakan. Dengan adanya tulisan ini penulis bertujuan untuk menguraikan berbagai pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan di abad ke-21. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan mengumpulkan dan menelusuri berbagai buku, jurnal, dan lainnya yang terkait dengan konsep pembahasan. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta kejadian yang ditulis dalam pernyataan-pernyataan yang berasal dari sumber data yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah berbagai pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara yang masih relevan hingga saat ini yaitu pendidikan dengan sistem among dan Tri Pusat Pendidikan yang memberikan suatu kebebasan berpikir kepada peserta didik untuk mengembangkan kreatifitas yang ada dalam dirinya sesuai dengan penerapan kurikulum 2013. Pemikiran Ki Hajar Dewantara yang berbasis pendidikan karakter seperti nilai keagamaan, kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab dapat dijadikan sebagai dasar dalam pembentukan moral pendidikan abad ke 21.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31