ANALISIS KONSEP TEORI PENGENDALIAN MUTU DAN PENGEMBANGAN MUTU DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Kata Kunci:
Mutu Pendidikan, Manajemen Mutu, Pengendalian MutuAbstrak
Peningkatan mutu pendidikan menjadi prioritas utama di semua lembaga pendidikan. Demikian pula di lembaga pendidikan Islam yang sementara berproses menjadi lembaga pendidikan yang memiliki kualitas setara dengan lembaga pendidikan lain bahkan menjadi lembaga pendidikan yang berkualitas tinggi. Untuk mencapai hal tersebut, maka upaya terus dilakukan oleh lembaga pendidikan Islam. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan berbagai teori dan konsep manajemen mutu agar kualitas pendidikan dapat terjaga dan diakui sebagai lembaga pendidikan yang menjalankan proses dengan baik dan menghasilkan output yang baik. Untuk meningkatkan mutu pendidikan perlu ditingkatkan fungsi pengendalian dan pengembangan yang dilakukan oleh kepala sekolah maupun pengawas pendidikan. Pengendalian dan pengembangan mutu yang akan dapat memberikan manfaat yang berarti dalam peningkatan mutu jika ditujuan pada aspek input-proses-output pendidikan.