INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN GURU PENGGERAK
Kata Kunci:
Pendidikan, Guru Penggerak, Ki Hajar DewantaraAbstrak
Program guru penggerak memiliki dampak signifikan dalam menginternalisasi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yaitu membentuk karakter dan memberikan arah yang positif pada dunia pendidikan. Struktur literature review penelitian ini menggambarkan pendekatan sistematis yang diterapkan saat melakukan kajian literatur terkait program pendidikan guru penggerak dalam upaya internalisasi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana guru penggerak berhasil menginternalisasi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, khususnya konsep "ing ngarsa sung tuladha," "ing madya mangun karsa," dan "tut wuri handayani," pada praktik pengajaran di lembaga pendidikan, untuk mengetahui dampak internalisasi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara melalui program pendidikan guru penggerak terhadap pengembangan karakter siswa dan atmosfer pendidikan di sekolah, serta untuk mengetahui bagaimana hal tersebut berkontribusi pada perkembangan pendidikan secara keseluruhan di tingkat lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi filosofi Ki Hajar Dewantara oleh guru penggerak memberikan kontribusi positif yang luas pada pendidikan karakter siswa, atmosfer pendidikan di sekolah, dan perkembangan pendidikan secara keseluruhan di tingkat lokal. Dengan melibatkan berbagai pihak, guru penggerak menjadi pilar penting membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki moralitas, kepemimpinan, dan tanggung jawab sosial yang tinggi.Unduhan
Diterbitkan
2024-01-31
Terbitan
Bagian
Artikel