PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN MINAT BELAJAR DITINJAU DARI GENDER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMA SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Mita Sarah Patria Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Firman Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ropinus Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Kata Kunci:

Kecemasan Matematika, Minat Belajar, Gender

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar, serta melihat perbedaan pengaruh tersebut ditinjau dari gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui angket kecemasan matematika, angket minat belajar, dan dokumentasi nilai hasil belajar matematika. Analisis data menggunakan analisis regresi dan uji interaksi dua arah (ANOVA dua arah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan matematika berpengaruh negatif terhadap hasil belajar matematika, sedangkan minat belajar berpengaruh positif. Selain itu, terdapat perbedaan pengaruh berdasarkan gender, di mana siswa laki-laki dan perempuan menunjukkan respon yang berbeda terhadap kecemasan dan minat dalam hubungannya dengan hasil belajar matematika. Temuan ini memberikan implikasi bagi guru dalam merancang pendekatan pembelajaran yang memperhatikan faktor psikologis dan perbedaan gender siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30