PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL KELAS X SMA SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR
Kata Kunci:
Lkpd, Kemampuan Pemecahan Masalah, SpltvAbstrak
Pengembangan LKPD ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). Menghadapi tantangan abad 21, siswa diharapkan menguasai kemampuan Pemecahan masalah. Salah satu perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir adalah LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan mengembangkan LKPD. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D dengan tahapan Define, Design, Develop, dan Disseminate. Di mana tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan biya dan waktu peneliti. Instrumen penelitian adalah lembar validasi ahli, Lembar Observasi Kemampuan guru mengelola pembelajaran, Lembar Observasi Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, angket respon siswa, serta soal pre-test dan post-test. Produk di validasi oleh ahli dengan persentase 89,6 % (Sangat Valid), Kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan rata-rata 4,62 (Sangat Baik), keaktifan siswa dengan rata-rata 54 (Efektif), Hasil respon siswa dengan persentase 87% (Sangat Posistif). LKPD mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLTV dengan N-Gain sebesar 0,8 (Tinggi).
The development of this LKPD is to improve students' mathematical problem-solving skills in the material of three-variable linear equation systems (SPLTV). Facing the challenges of the 21st century, students are expected to master problem-solving skills. One of the learning tools that can improve thinking skills is LKPD. This research is an R&D research by developing LKPD. The development model used is 4-D with the stages of Define, Design, Develop, and Disseminate. Where the disseminate stage was not carried out due to the researcher's limited funds and time. The research instruments were expert validation sheets, Observation Sheets for Teachers' Ability to Manage Learning, Observation Sheets for Student Activeness in the Learning Process, student response questionnaires, and pre-test and post-test questions. The product was validated by experts with a percentage of 89.6% (Very Valid), Teachers' Ability to Manage Learning with an average of 4.62 (Very Good), student activeness with an average of 54 (Effective), Student response results with a percentage of 87% (Very Positive). LKPD is able to improve students' mathematical problemsolving abilities in SPLTV material with an N-Gain of 0.8 (High).