PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI PEREKONOMIAN DAERAH KELAS V SEKOLAH DASAR KABUPATEN TULUNGAGUNG

Penulis

  • Praba Sindutama Putra Universitas Bhinneka Tulungagung
  • Hari Subiyantoro Universitas Bhinneka Tulungagung
  • Haris Indrakusuma Universitas Bhinneka Tulungagung

Kata Kunci:

Multimedia Interaktif, Kearifan Lokal, IPAS, Pengembangan Media

Abstrak

Pembelajaran IPAS di sekolah dasar menuntut partisipasi aktif siswa dalam memahami konsep kehidupan nyata. Namun, pendekatan konvensional dan media yang kurang kontekstual masih mendominasi, menyebabkan rendahnya pemahaman dan keterlibatan siswa. Pengembangan multimedia interaktif berbasis kearifan lokal menjadi alternatif untuk membuat pembelajaran lebih bermakna dan relevan dengan lingkungan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis kearifan lokal Kabupaten Tulungagung pada mata pelajaran IPAS materi perekonomian daerah untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Lee & Owens, yang meliputi lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif dalam format PowerPoint dengan fitur hyperlink, teks, gambar, dan video yang menyajikan konten lokal seperti kegiatan produksi, distribusi, konsumsi, dan ekonomi kreatif khas Kabupaten Tulungagung. Hasil validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan bahwa multimedia ini tergolong “sangat valid”. Uji coba kelompok kecil dan uji lapangan juga mengindikasikan bahwa media ini “sangat menarik” dan “efektif” dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Berdasarkan hasil evaluasi formatif dan respons siswa, disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis kearifan lokal ini layak digunakan dan efektif mendukung pembelajaran IPAS yang bermakna dan menyenangkan.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30