PENGARUH PEMBELAJARAN KEUANGAN DI LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN KEUANGAN DENGAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Kata Kunci:
Pembelajaran Keuangan, Mobile Banking, Kemampuan Manajemen Keuangan, Dan Locus Of ControlAbstrak
This study is motivated by the importance of students' financial management skills in facing economic challenges and consumptive lifestyles in the digital era. This study aims to analyze the effect of financial learning in the family environment and the use of mobile banking on financial management skills, with locus of control as an intervening variable in students of the Faculty of Economics and Business, Surabaya State University. The method used is quantitative with a survey approach. The population in this study were 2021 students from the Accounting Education, Accounting, and Management undergraduate study programs. The sampling technique used purposive sampling, while the data collection instrument was a questionnaire. Data analysis was carried out using path analysis to test the relationship between variables. The results showed that financial learning in the family environment and the use of mobile banking had a positive and significant effect on students' financial management skills. Locus of control is also proven to have a positive and significant influence on financial management skills and is able to become an intervening variable. These findings indicate the importance of financial education in the family, wise use of financial technology, and strengthening self-control to form healthy student financial behavior.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan manajemen keuangan mahasiswa dalam menghadapi tantangan ekonomi dan gaya hidup konsumtif di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran keuangan di lingkungan keluarga dan penggunaan mobile banking terhadap kemampuan manajemen keuangan, dengan locus of control sebagai variabel intervening pada mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 dari program studi S1 Pendidikan Akuntansi, Akuntansi, dan Manajemen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran keuangan di lingkungan keluarga dan penggunaan mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan manajemen keuangan mahasiswa. Locus of control juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan manajemen keuangan serta mampu menjadi variabel intervening. Temuan ini menunjukkan pentingnya pendidikan keuangan dalam keluarga, pemanfaatan teknologi keuangan yang bijak, dan penguatan kendali diri untuk membentuk perilaku finansial mahasiswa yang sehat.