PENGEMBANGAN ELKPD MENGGUNAKAN APLIKASI PADLET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI HASIL KEBUDAYAAN PADA ZAMAN LOGAM DI SMAN 2 PALEMBANG
Kata Kunci:
ELKPD, Padlet, PJBLAbstrak
Pengembangan E-LKPD berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan aplikasi Padlet pada materi hasil kebudayaan zaman logam di SMAN 2 Palembang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan 4D, yang meliputi tahap analisis, perancangan, evaluasi, dan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar, di mana 100% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) setelah menggunakan E-LKPD. Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan aplikasi Padlet dalam pembelajaran dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, serta mendukung pencapaian tujuan pembelajaran di era digital.The development of E-LKPD based on Project Based Learning (PjBL) using the Padlet application on the material of metal age cultural heritage at SMAN 2 Palembang aims to improve students' understanding and learning outcomes. This research uses the Research and Development (R&D) method with a 4D approach, which includes the stages of analysis, design, evaluation, and testing. The results of the study show that the developed E-LKPD is effective in improving students' critical thinking and collaboration skills. Field testing showed a significant improvement in learning outcomes, where 100% of students met the Minimum Completeness Criteria (KKM) after using the E-LKPD. These findings emphasize that the use of the Padlet application in learning can create a more engaging and interactive learning experience, as well as support the achievement of learning objectives in the digital era.
Unduhan
Diterbitkan
2025-06-04
Terbitan
Bagian
Artikel