PERAN KEPEMIMPINAN MUTU DAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL

Penulis

  • Helda Indriani STKIP Budidaya Binjai
  • Hamidah STKIP Budidaya Binjai
  • Fauzia Oktaviana STKIP Budidaya Binjai

Kata Kunci:

Kepemimpinan Mutu, Manajemen Mutu Pendidikan, Kebijakan Pendidikan, TQM, Peningkatan Mutu

Abstrak

Kepemimpinan mutu dan manajemen mutu pendidikan memainkan peran strategis dalam membentuk arah kebijakan pendidikan nasional yang responsif terhadap tantangan global dan kebutuhan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kontribusi kepemimpinan mutu dan sistem manajemen mutu dalam membentuk kebijakan pendidikan nasional Indonesia melalui studi literatur terhadap referensi primer dan mutakhir. Dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka, penelusuran dilakukan terhadap jurnal nasional dan internasional dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa kepemimpinan yang berfokus pada peningkatan mutu internal lembaga pendidikan serta manajemen mutu berbasis perbaikan berkelanjutan memiliki pengaruh signifikan terhadap formulasi dan pelaksanaan kebijakan nasional. Unsur kebaruan dari studi ini terletak pada sinergi antara karakteristik kepemimpinan transformasional dan sistem manajemen mutu berbasis Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan relevansi dan keberlanjutan kebijakan pendidikan nasional. Studi ini merekomendasikan perumusan kebijakan berbasis data dan penguatan kapasitas kepemimpinan mutu di setiap jenjang pendidikan.

 

Quality leadership and quality management in education play a strategic role in shaping national education policy responsive to global challenges and local needs. This study aims to examine the contribution of quality leadership and quality management systems in shaping Indonesia’s national education policy through a literature review of recent primary sources. Using a qualitative approach based on literature studies, data were analyzed from national and international journals published in the last five years. The findings show that leadership focused on internal quality enhancement and quality management systems based on continuous improvement significantly influence policy formulation and implementation. The novelty of this study lies in the synergy between transformational leadership characteristics and Total Quality Management (TQM)-based systems in enhancing the relevance and sustainability of national education policies. The study recommends data-driven policy formulation and strengthening of quality leadership capacity at all levels of education.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30