PENGARUH METODE PROYEK TOGA (Tanaman Obat Keluarga) DALAM MENGATASI PERILAKU INSECURE ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL VI KOTA MAKASSAR
Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Metode Proyek TOGA, Perilaku InsecureAbstrak
Tingginya tingkat perilaku insecure pada anak usia 5-6 tahun di Kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Kota Makassar menjadi latar belakang penelitian ini. Anak-anak menunjukkan perilaku pemalu, kurang percaya diri, cenderung bermain sendiri, atau berinteraksi sambil tersenyum malu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh metode proyek TOGA (Tanaman Obat Keluarga) dalam mengatasi perilaku insecure pada anak usia dini. Penelitian menggunakan desain eksperimen one-group pre-test-post-test, dengan sampel sebanyak 16 anak yang dipilih secara purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program IBM SPSS 25. Hasil menunjukkan adanya penurunan signifikan pada perilaku insecure anak setelah diberikan perlakuan. Rata-rata skor pre-test sebesar 27,9 meningkat menjadi 48,1 pada post-test. Nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,01 (p < 0,05) mengindikasikan bahwa metode proyek TOGA memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan interaksi sosial anak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial-emosional anak usia dini.
The high level of insecure behavior among 5-6-year-old children in Group B2 at TK Aisyiyah Bustanul Athfal VI Makassar is the background of this research. These children often exhibit shy behavior, lack confidence, prefer solitary play, or interact while smiling timidly. This study aims to examine the impact of the TOGA (Family Medicinal Plant) project method in addressing insecure behavior in early childhood. The research employs a one-group pre-test-post-test experimental design, with a sample of 16 children selected using purposive sampling. Data were analyzed using the Wilcoxon Signed Rank Test with IBM SPSS 25 software. The results showed a significant reduction in insecure behavior after the intervention. The average pre-test score of 27.9 increased to 48.1 in the post-test. The Asymp.sig (2-tailed) value of 0.01 (p < 0.05) indicates that the TOGA project method has a significant influence on improving children’s confidence and social interactions. This research contributes to the development of innovative and effective learning methods to enhance the social-emotional skills of early childhood learners.