PEGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VIII SMP NEGERI 33 MAKASSAR
Kata Kunci:
Multimedia Interaktif, Pembelajaran Berbasis Android, Model Pengembangan ADDIE, Ilmu Pengetahuan AlamAbstrak
Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar, Pembimbing I Nasir dan Pembimbing II Akram. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis Android. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII UPT SPF SMP Negeri 33 Makassar. Multimedia interaktif berbasis Android ini akan di uji cobakan sebanyak 26 peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu. Tahap Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pada prosedur penelitian ini cuman sampai tahap Implementation yaitu proses uji coba produk, validasi dan uji coba. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, lembar validasi, Angket peserta didik dan dokumentasi. Hasil analisis validasi media diperoleh 4,5 dengan ketegori sangat valid, hasil validasi materi memperoleh 4,91 dengan kategori sengat valid dan hasil respon peserta didik pada uji coba yang dilakukan, memperoleh nilai rata-rata 4,22 dengan kategori penilaian menarik. Respon peserta didik, tanggapan validator dalam pengembangan multimedia interaktif berbasis android dinyatakan layak dan baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Development of Android-Based Interactive Multimedia in Natural Science Subjects for Class VIII of SMP Negeri 33 Makassar. Thesis. Educational Technology Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Makassar, Supervisor I Nasir and Supervisor II Akram. This study aims to develop Android-based interactive multimedia. The subjects of this study were students of class VIII of UPT SPF SMP Negeri 33 Makassar. This Android-based interactive multimedia will be tested on 26 students. The development model used in this study is the ADDIE model, which consists of 5 stages, namely. Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation stages. This research procedure only goes up to the implementation stage, namely the product trial process, validation, and trial. The research instruments used were observation, validation sheets, student questionnaires, and documentation. The results of the media validation analysis obtained 4.5 with a very valid category, the results of the material validation obtained 4.91 with a very valid category, and the results of the student responses in the trial conducted obtained an average value of 4.22 with an interesting assessment category. Student responses and validator responses in the development of interactive multimedia based on Android are declared feasible and good to use in the learning process.