PERMAINAN LEGO DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 1 KOTA BIMA

Penulis

  • Andi Azaharil Universitas Muhammadiyah Bima
  • Agus Salam Universitas Muhammadiyah Bima
  • Syahrul Ramadhan Universitas Muhammadiyah Bima

Kata Kunci:

Permainan Lego, Keterampilan Motorik Halus, Anak Usia Dini, Pendidikan Anak Usia Dini, TK Aisyiyah 1 Kota Bima

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan Lego terhadap peningkatan keterampilan motorik halus anak usia dini di TK Aisyiyah 1 Kota Bima. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini melibatkan 30 anak usia 5-6 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang diberikan permainan Lego dan kelompok kontrol yang tidak diberikan permainan Lego. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam permainan Lego menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan motorik halus, seperti menggenggam, merakit, dan mengkoordinasikan gerakan tangan. Permainan Lego juga berkontribusi pada peningkatan kreativitas, keterampilan sosial, dan kesiapan belajar anak. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar permainan Lego digunakan lebih lanjut dalam pendidikan anak usia dini untuk mendukung perkembangan motorik halus dan aspek lainnya.

This study aims to examine the impact of Lego play on the fine motor skills development of early childhood children at TK Aisyiyah 1 Kota Bima. The research method used is a quantitative approach with an experimental design. The study involved 30 children aged 5-6 years, divided into two groups: the experimental group given Lego play and the control group without Lego play. Data were collected through observation and interviews and analyzed descriptively and comparatively. The results showed that children engaged in Lego play exhibited significant improvements in fine motor skills, such as grasping, assembling, and coordinating hand movements. Lego play also contributed to enhancing creativity, social skills, and the children’s readiness to learn. Based on these findings, it is recommended that Lego play be further incorporated into early childhood education to support the development of fine motor skills and other aspects.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30