PENERAPAN CIVIC ECOLOGY BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA: STUDI KASUS PADA SALAH SATU SDN DI KABUPATEN PURWAKARTA

Penulis

  • Jennyta Caturiasari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Tiara Yogiarni Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Civic Ecology, Lingkungan Hidup, Profil Pelajar Pancasila, Studi Kasus

Abstrak

Penerapan Civic Ecology memiliki tujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila melalui pendekatan berbasis lingkungan hidup. Projek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada siswa Sekolah Dasar melalui kegiatan yang terintegrasi dengan pelestarian lingkungan. Penelitian ini mengkaji bagaimana konsep Civic Ecology dapat diterapkan dalam konteks pendidikan untuk memperkuat pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila pada pelajar. Bertujuan untuk menginvestigasi penerapan civic ecology berbasis lingkungan hidup dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kabupaten Purwakarta. Pendekatan yang dilakukan menggunakan kualitatif reseacrh dengan metode studi kasus dengan teknik observasi dan wawancara mendalam terhadap pelajar yang terlibat dalam projek Civic Ecology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelajar yang terlibat dalam kegiatan ini mengalami peningkatan dalam pemahaman mereka tentang nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, keadilan, dan persatuan. Memiliki kesadaran yang lebih besar terhadap pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial dalam praktik sehari-hari, siswa terlibat aktif dalam pelestarian lingkungan melalui penanaman tanaman, pengelolaan sampah, dan kegiatan lainnya. Partisipan penelitian termasuk peserta didik, guru dan kepala sekolah yang terlibat dalam proyek. Dapat disiumpulkan penerapan civic ecology berbasis lingkungan hidup dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila di salah satu SDN di Kabupaten Purwakarta dapat menjadi cara efektif dalam membangun karakter siswa yang peduli terhadap lingkungan dan bertanggung jawab sebagai warga negara.

 

The implementation of Civic Ecology to strengthen the profile of Pancasila students through an environmentally-based approach. This project aims to improve the understanding and practice of Pancasila values in elementary school students through activities integrated with environmental conservation. This study examines how the concept of Civic Ecology can be applied in an educational context to strengthen the understanding and practice of Pancasila values in students. The aim is to investigate the implementation of environmentally based civic ecology in a project to strengthen the profile of Pancasila students in one of the State Elementary Schools (SDN) in Purwakarta Regency. The approach used was qualitative research with a case study method with observation techniques and in-depth interviews with students involved in the Civic Ecology project. The results showed that students involved in this activity experienced an increase in their understanding of Pancasila values such as cooperation, justice, and unity. Having a greater awareness of the importance of environmental conservation and social responsibility in everyday practice, students were actively involved in environmental conservation through planting plants, waste management, and other activities. Research participants included students, teachers and principals involved in the project. It can be concluded that the application of environmental-based civic ecology in the project to strengthen the profile of Pancasila students at one of the elementary schools in Purwakarta Regency can be an effective way to build the character of students who care about the environment and are responsible as c Ecological citizenship competencies integration in the strengthening project planning for Pancasila student profile.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-11