STUDI LITERATUR PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP LULUSAN SISWA YANG BERMUTU

Penulis

  • Indah Munastari Ningsih Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Bahrani Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

Kualitas Lulusan, Lingkungan Belajar, Studi Literatur

Abstrak

This study aims to comprehensively examine the influence of the learning environment on the quality of student graduates. A conducive learning environment is believed to have a very significant role in supporting students' academic and personal development, which in turn will affect the quality of graduates produced by educational institutions. This study discusses three main aspects: first, the relationship between the learning environment and the quality of student graduates, second, the factors that influence the creation of a learning environment that can produce quality graduates, and third, the steps that need to be taken by educators and educational institutions in creating an optimal learning environment. The results of the study indicate that a good learning environment, whether in the form of adequate physical facilities, innovative teaching methods, and positive social interactions, will contribute to better student academic achievement and high quality graduates. Factors that influence the creation of an effective learning environment include teacher quality, educational facilities and infrastructure, parental support, and involvement of the surrounding community. In addition, the importance of a learning approach that focuses on the needs and characteristics of students also supports the achievement of more optimal educational goals. This study also provides practical recommendations for educators and educational institutions to actively create an inclusive, safe, and supportive learning environment. The recommended steps include improving the quality of teaching, providing adequate facilities, and empowering relationships between schools, parents, and the community. By creating a conducive learning environment, it is hoped that the quality of student graduates can be improved, so that they are ready to face global challenges and play an active role in social and economic development.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara komprehensif pengaruh lingkungan belajar terhadap kualitas lulusan siswa. Lingkungan belajar yang kondusif diyakini memiliki peran yang sangat signifikan dalam mendukung perkembangan akademik dan pribadi siswa, yang pada gilirannya akan mempengaruhi kualitas lulusan yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan. Penelitian ini membahas tiga aspek utama: pertama, hubungan antara lingkungan belajar dengan kualitas lulusan siswa, kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi terciptanya lingkungan belajar yang dapat menghasilkan lulusan yang bermutu, dan ketiga, langkah-langkah yang perlu diambil oleh pendidik serta lembaga pendidikan dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang baik, baik itu berupa fasilitas fisik yang memadai, metode pengajaran yang inovatif, serta interaksi sosial yang positif, akan berkontribusi pada pencapaian akademik siswa yang lebih baik dan kualitas lulusan yang tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi terciptanya lingkungan belajar yang efektif meliputi kualitas guru, sarana dan prasarana pendidikan, dukungan orang tua, serta keterlibatan komunitas sekitar. Selain itu, pentingnya pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan dan karakteristik siswa turut mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang lebih optimal. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi praktis bagi pendidik dan lembaga pendidikan untuk secara aktif menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, aman, dan penuh dukungan. Langkah-langkah yang disarankan meliputi peningkatan kualitas pengajaran, penyediaan fasilitas yang memadai, serta pemberdayaan hubungan antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Dengan terciptanya lingkungan belajar yang kondusif, diharapkan kualitas lulusan siswa dapat ditingkatkan, sehingga mereka siap menghadapi tantangan global dan berperan aktif dalam pembangunan sosial dan ekonomi.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29