PROGRAM MENTORING SEBAGAI STRATEGI DALAM MEMBENTUK SPIRITUALITAS SISWA DI SMK KRISTEN IMMANUEL PONTIANAK
Kata Kunci:
Pengembangan, Modul Coaching, Coaching Kristen, Wawasan KristenAbstrak
This journal explores the implementation and impact of a mentoring program as a strategy to foster student spirituality at SMK Kristen Immanuel Pontianak. Student spirituality plays a pivotal role in shaping their character, ethics, and overall personality. The research aims to analyze the extent to which a mentoring program can influence the development of student spirituality and understand how specific elements within the mentoring program contribute to this process. The research method used is qualitative research with a case study approach, utilizing interviews, observations, and document analysis as data collection tools. The research sample included 138 students, 4 mentors, 1 chaplain and 1 Principal in the mentoring program at SMK Kristen Immanuel Pontianak. The research findings indicate that the mentoring program has a positive impact on shaping student spirituality. Mentors play a significant role in providing guidance, support, and positive role models for students. Additionally, elements such as self-reflection, open dialogue, and the cultivation of spiritual values also make valuable contributions to this process. This study provides a deeper understanding of the significance of mentoring programs in fostering student spirituality within a school environment. The implications of this research suggest that educational institutions may consider integrating mentoring programs as a more structured strategy to enhance student spiritual development. Consequently, the findings from this research can offer valuable guidance for the development of mentoring programs in other schools with similar objectives.
Jurnal ini mengkaji implementasi dan dampak dari program mentoring sebagai strategi untuk membentuk spiritualitas siswa di SMK Kristen Immanuel Pontianak. Spiritualitas siswa memiliki peran penting dalam pengembangan karakter, etika, dan kualitas kepribadian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana program mentoring dapat mempengaruhi perkembangan spiritualitas siswa dan memahami bagaimana elemen-elemen tertentu dalam program mentoring dapat memainkan peran dalam proses ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 138 siswa, 4 mentor, 1 Gembala Sekolah, dan 1 Kepala Sekolah yang terlibat dalam program mentoring di SMK Kristen Immanuel Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program mentoring memiliki dampak positif dalam membentuk spiritualitas siswa. Para mentor memiliki peran yang signifikan dalam memberikan bimbingan, dukungan, dan contoh-contoh positif kepada siswa. Selain itu, elemen-elemen seperti refleksi diri, dialog terbuka, dan pengembangan nilai-nilai spiritual juga memiliki kontribusi penting dalam proses ini. Penelitian ini menyediakan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya program mentoring dalam membentuk spiritualitas siswa di lingkungan sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa institusi pendidikan dapat mempertimbangkan untuk mengintegrasikan program mentoring sebagai strategi yang lebih terstruktur dalam upaya meningkatkan perkembangan spiritualitas siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan panduan yang berharga bagi pengembangan program mentoring di sekolah-sekolah lain dengan tujuan serupa.