PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA ANAK PADA KURIKULUM PAUD

Penulis

  • Yuliani Universitas Negeri Makassar
  • Herlina Universitas Negeri Makassar
  • Syamsuardi Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Modul Ajar, Kearifan Lokal, Literasi Budaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis kearifan lokal guna meningkatkan literasi budaya anak pada kurikulum PAUD di TK Salli Sabarang Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model EDDIE. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes literasi budaya yang dilakukan sebelum dan setelah penerapan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul ajar berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai budaya lokal, seperti kebersamaan dan gotong royong, serta memperkaya keterampilan sosial dan kognitif anak. Anak-anak menjadi lebih aktif dalam berinteraksi dan memahami konsep-konsep budaya yang ada di sekitar mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengintegrasian kearifan lokal dalam pembelajaran PAUD berpotensi besar dalam membentuk karakter anak yang mencintai budaya dan menghargai keberagaman. Modul ajar berbasis kearifan lokal ini dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan literasi budaya anak di pendidikan anak usia dini.

This study aims to develop a locally-based teaching module to enhance cultural literacy in early childhood education (PAUD) curriculum at TK Salli Sabarang Makassar. The research utilizes the Research and Development (R&D) method with the EDDIE model approach. Data were collected through observations, interviews, and cultural literacy tests conducted before and after the implementation of the module. The results show that the application of the locally-based teaching module improved children's understanding of local cultural values, such as togetherness and mutual cooperation, as well as enriched their social and cognitive skills. Children became more active in interacting and understanding cultural concepts in their surroundings. This study concludes that integrating local wisdom into PAUD learning has great potential to shape children’s character, fostering love for their culture and appreciation for diversity. The locally-based teaching module can serve as an alternative in improving children's cultural literacy in early childhood education.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30