PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING DALAM KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Keaktifan, Hasil Belajar, Problem- Based LearningAbstrak
Keaktfikan peserta didik dalam pembelajaran menjadi peran penting dalam pendidikan. Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh proses yang terorganisir dan efektif, untuk mencapai standar ketuntasan hasil belajar yang telah diterapkan. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menggunakan model, metode dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik. Salah satu model pembelajaran yang terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar peserta didik adalah Problem- Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa berbagai artikel yang berhubungan dengan penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Adapun metode yang digunakan adalah literature riview. Penerapan PBL memungkinkan peserta didik untuk belajar secara mandiri dan kolaboratif dalam menghadapi tantangan pembelajaran yang berakitan dengan konteks dunia nyata. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa PBL memiliki dampak positif terhadap peningkatan keaktifan peserta didik dan hasil belajar di sekolah dasar, sehingga model pembelajaran PBL ini dapat dijadikan yang efektif dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di jenjang pendidikan dasar.
The activity of students in learning is an important role in education. The success of learning is greatly influenced by an organized and effective process, to achieve the standard of completeness of learning outcomes that have been applied. One way to achieve this is to use models, methods and approaches that are in accordance with the characteristics of students. One of the learning models that has proven effective in increasing student participation and learning outcomes is Problem-Based Learning (PBL). This study aims to analyze various articles related to the application of the Problem-Based Learning learning model in improving the activity and learning outcomes of students in elementary schools. The method used is literature review. The implementation of PBL allows students to learn independently and collaboratively in facing learning challenges that are related to real-world contexts. The results of this study show that PBL has a positive impact on increasing student activity and learning outcomes in elementary schools, so that this PBL learning model can be used as an effective one in efforts to improve the quality of education at the basic education level.