PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJA SAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Penulis

  • Titin Sunaryati Universitas Pelita Bangsa
  • Nurkholifah Universitas Pelita Bangsa
  • Sarah Universitas Pelita Bangsa
  • Annisa Azzahra Tofani Universitas Pelita Bangsa
  • Putri Mardiana Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Munawarotul Ainiyah Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Role Playing, Pendidikan Kewarganegaraan, Sikap Kerja Sama, Pembelajaran Interaktif, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa. Metode ini memberikan pengalaman belajar yang interaktif dan partisipatif, di mana siswa berperan aktif dalam skenario tertentu yang relevan dengan materi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing secara signifikan meningkatkan sikap kerja sama siswa. Indikator sikap kerja sama yang meningkat meliputi kemampuan berkomunikasi, saling menghargai, serta kemampuan dalam menyelesaikan tugas kelompok. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode Role Playing efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kolaboratif dan mendukung pengembangan nilai-nilai kewarganegaraan. Dengan demikian, metode ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan sikap kerja sama siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

The implementation of the Role Playing method in Civic Education aims to improve students' cooperative attitudes. This method provides an interactive and participatory learning experience, where students actively engage in specific scenarios related to the learning material. This study employs a qualitative approach with a classroom action research (CAR) method conducted in two cycles. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The results reveal that the application of the Role Playing method significantly enhances students' cooperative attitudes. The improved indicators of cooperative attitudes include communication skills, mutual respect, and the ability to complete group tasks. These findings indicate that the Role Playing method is effective in fostering a collaborative learning environment and promoting civic values. Therefore, this method can be considered a relevant learning alternative to improve students' cooperative attitudes in Civic Education learning.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30