HUBUNGAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI TATA BOGA UNIMED
(Study Literature Kualitatif)
Kata Kunci:
Pembelajaran Kewirausahaan, Motivasi, Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga UNIMEDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pembelajaran kewirausahaan dengan motivasi dan minat berwirausaha pada mahasiswa Program Studi Tata Boga Universitas Negeri Medan (UNIMED). Meskipun banyak mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah kewirausahaan, minat dan motivasi untuk berwirausaha di kalangan mereka masih tergolong rendah. Minat berwirausaha didefinisikan sebagai keinginan seseorang untuk menciptakan usaha baru dan mengambil risiko yang terkait. Indikator minat berwirausaha meliputi kesadaran, kemauan, perasaan tertarik, dan perasaan senang. Selain itu, motivasi berwirausaha berperan penting dalam membentuk minat berwirausaha, yang dapat berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal dan nasional. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan sumber-sumber literatur yang relevan untuk memahami hubungan antara pembelajaran kewirausahaan, motivasi, dan minat berwirausaha. Penelitian ini juga melibatkan wawancara dengan mahasiswa untuk mendapatkan perspektif langsung mengenai pengalaman mereka dalam pembelajaran kewirausahaan dan dampaknya terhadap motivasi serta minat berwirausaha mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup pertanyaan mengenai apakah motivasi berwirausaha berpengaruh terhadap minat berwirausaha. Dengan menerapkan pola pembelajaran kewirausahaan yang konkret dan berbasis empiris, diharapkan mahasiswa dapat lebih termotivasi untuk memilih berwirausaha sebagai karir mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pihak perguruan tinggi dalam merancang kurikulum yang lebih efektif untuk meningkatkan minat dan motivasi berwirausaha di kalangan mahasiswa. Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan pentingnya pendidikan kewirausahaan dalam membentuk karakter dan sikap mahasiswa untuk berani berwirausaha, serta memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian.
This study aims to analyze the relationship between entrepreneurship learning and entrepreneurship motivation and interest in students of the Culinary Study Program, State University of Medan (UNIMED). Although many students have taken entrepreneurship courses, their interest and motivation to be entrepreneurs are still relatively low. Entrepreneurial interest is defined as a person's desire to create new ventures and take on the associated risks. Indicators of entrepreneurial interest include awareness, willingness, feelings of interest, and feelings of pleasure. In addition, entrepreneurial motivation plays an important role in shaping entrepreneurial interest, which can contribute to local and national economic development. The research method used in this study is a qualitative approach with literature study. Data were collected through analysis of relevant documents and literature sources to understand the relationship between entrepreneurial learning, motivation, and entrepreneurial interest. The research also involves interviews with students to get a first-hand perspective on their experiences in entrepreneurship learning and its impact on their motivation and interest in entrepreneurship. The formulation of the problem in this study includes the question of whether entrepreneurial motivation has an effect on entrepreneurial interest. By implementing a concrete and empirical-based entrepreneurial learning pattern, it is hoped that students can be more motivated to choose entrepreneurship as their career. This research is expected to provide insight for universities in designing a more effective curriculum to increase interest and motivation for entrepreneurship among students. Overall, this study emphasizes the importance of entrepreneurship education in shaping the character and attitude of students to dare to be entrepreneurial, as well as make a positive contribution to the economy.