PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN TARBIYAH ISLAMIYAH PASIA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penulis

  • Mutiara Ringga Nofri Mardelina UIN Bukittinggi
  • Isnaniah UIN Bukittinggi

Kata Kunci:

Pengaruh, Manajemen Waktu, Hasil Belajar

Abstrak

Mutiara Ringga Nofri Mardelina, NIM.2416.053 berjudul “Pengaruh Manajemen Waktu  Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia Tahun Pelajaran 2020/2021”. Pendidikan MAtematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Bukittinggi Tahun 2021

Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia dan dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia, terlihat bahwa hasil belajar matematika siswa yang rendah. , diduga hasil belajar matematika siswa dipengaruhi oleh manajemen waktu. Hal ini  dilihat dari siswa tidak bisa mengatur waktu dengan baik, hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, Siswa kurang memanfaatkan waktu dengan efisien dan efektif sehingga banyak tugas yang menumpuk yang dikerjakan saat tugas tersebut akan segera dikumpul.Ini berdampak terhadap hasil belajar matematika siswa yang rendah. Penelitian ini memiliki rumusan Apakah terdapat pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia.  Hipotesis penelitiannya terdapat pengaruh signifikan anatar manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Ex Post Fakto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia sebanyak 2 kelas yang berjumlah 43 orang siswa. Dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang siswa di ambil dari jumlah populasi karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner atau angket dan tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi antara manajemen waktu  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia  yaitu Y =18,27922+0,374764 X dengan korelasi sebesar 0,322, dan KD sebesar 10,4 %. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung> t_tabel yaitu 2,179>1,688 . Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan manajemen waktu terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Pasia Tahun Pelajaran 2020/2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30