HUBUNGAN PENYAJIAN MAKANAN DAN CITA RASA MAKANAN DENGAN DAYA TARIK PEMBELIAN PUFF PASTRY DI T1311

Penulis

  • Naila Rahmadania Tanjung Universitas Negeri Medan
  • Alya Gita Diah Mazyunah Universitas Negeri Medan
  • Fatma Tresno Ingtyas Universitas Negeri Medan
  • Laurena Ginting Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Penyajian Makanan, Cita Rasa Dan Daya Tarik Pembelian

Abstrak

Puff pastry is well known to many people with its flavor variants which are always innovating in terms of unique shape, taste and presentation. In fact, not many cafes pay attention to serving food by adjusting the taste of the product. This research aims to determine the presentation of food, the taste of food, the attractiveness of pastry purchases made at T1311. This research uses descriptive and quantitative research by distributing a questionnaire to find out how respondents experience consumer attraction towards purchasing. The results of this research obtained from SPSS calculations show the sig value. 2 tailed from the relationship between X1 and Y of 0.02 < 0.05, it can be concluded that there is a significant relationship between food presentation and purchasing attractiveness. From the product moment correlation test table, the sig value is also obtained. 2 tailed from the relationship between X2 and Y of 0.04 < 0.05, it can be concluded that there is a significant relationship between food taste and purchasing attraction. From the product moment correlation test table, the sig value is also obtained. 2 tailed from the relationship between X1 and X2 of 0.02 < 0.05, it can be concluded that there is a significant relationship between food presentation and food taste. From the results of the analysis and discussion of the research carried out above, it shows that the presentation of food with attractiveness to purchase is related to each other in terms of statistics and theory with a determined value.

Puff pastry sudah dikenal banyak kalangan masyarakat dengan varian rasa yang selalu berinovasi dari segi bentuk, rasa, dan penyajian yang unik. Faktanya tidak banyak café yang memperhatikan penyajian makanan dengan menyesuaikan cita rasa dari produk tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyajian makanan, cita rasa makanan, daya tarik pembelian pastry yang dilakukan di T1311. Penelitian ini menggunakan jenis penelititan deskriptif dan kuantitatif dengan membagikan sebuah angket kuesioner untuk mengetahui seberapa responden mengalami suatu daya tarik konsumen kepada pembelian. Hasil dari penilitian ini diperoleh dari perhitungan SPSS diketahui nilai sig. 2 tailed dari hubungan X1 dengan Y sebesar 0,02 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyajian makanan dengan daya tarik pembelian. Dari tabel uji korelasi product moment juga diperolah nilai sig. 2 tailed dari hubungan X2 dengan Y sebesar 0,04 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara cita rasa makanan dengan daya tarik pembelian. Dari tabel uji korelasi product moment juga diperolah nilai sig. 2 tailed dari hubungan X1 dengan X2 sebesar 0,02 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penyajian makanan dengan cita rasa makanan. Dari hasil analisis dan pembahasan penelitian yang dilakukan di atas menunjukkan bahwa penyajian makanan dengan daya tarik pembelian memiliki keterkaitan satu sama lain dari segi statistik dan teori dengan nilai yang ditentukan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30