ANALISIS PERBANDINGAN PENDIDIKAN NERGARA INDONESIA DAN AUSTRALIA
Kata Kunci:
Pendidikan, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Mutu PendidikanAbstrak
Penelitian ini membandingkan sistem pendidikan Indonesia dan Australia dengan menyoroti peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Di Indonesia, kepala sekolah berperan penting dalam mengarahkan kebijakan dan kinerja guru untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, meski mutu pendidikan masih memprihatinkan berdasarkan data internasional. Sementara itu, sistem pendidikan Australia menonjolkan inovasi, kolaborasi, dan kesetaraan akses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan utama terletak pada manajemen pendidikan, pengembangan kurikulum, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Studi ini merekomendasikan adopsi praktik kepemimpinan kolaboratif dari Australia untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia dan memberikan wawasan baru untuk peningkatan pendidikan secara komparatif.