PENGARUH PERSEPSI PERFORMA, PERSEPSI INVESTASI, DAN SIKAP NOSTALGIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR 2 TAK
Kata Kunci:
Performa, Investasi, Sikap Nostalgia, Keputusan PembelianAbstrak
Pada era sepeda motor berteknologi injeksi saat ini, masih banyak penghobi motor 2 tak yang setia menggunakannya. Motor 2 tak juga masih dapat dibilang sedang naik daun, karena terbukti dengan munculnya komunitas-komunitas pecinta motor 2 tak yang muncul di beragai daerah. Selain emisi yang dihasilkan tidak ramah akan lingkungan, konsumsi bahan bakar yag jauh lebih boros dibandingkan dengan mesin 4 tak. Motor 2 tak memiliki mesin yang cepat panas, karena proes pembakaran yang begitu cepat menjadikan mesin 2 tak mudah panas. Serta umur komponen mesin 2 tak jauh lebih singkat, hal tersebut disebabkan proses kerja yang lebih keras ditambah dengan oli mesin 2 tak tidak sebaik mesin 4 tak. Oleh karenanya mesin 2 tak membutuhkan biaya operasional yang lebih banyak. Berdasarkan fenomena-fenomena dan penjelasan yang sudah dipaparkan diatas, maka penelitian ini akan membahan pandangan para penghoi motor 2 tak mengenai persepsi performa, persepsi investasi, serta sikap nostalgia dari pembelian motor 2 tak. Masing-masing hal tersebut akan dilihat pengaruhkan terhadap keputusan pembelian motor 2 tak di wilayah Solo Raya. Tidak terdapat perbedaan hasil pengambilan keputusan dalam pembelian motor 2 tak baik dalam persepsi performa, persepsi investasi dan sikap nostalgia. Ada hubungan antara pengaruh keputusan pembelian motor 2 tak dengan persepsi performa, persepsi investasi, dan sikap nostalgia.