PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA PT. PLANGKARAYA SEMI MART MEDAN

Penulis

  • Ratna Fauziah Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Kata Kunci:

Harga, Kualitas Pelayanan, Peningkatan Penjualan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga terhadap Peningkatan Penjualan pada PT Plangkaraya Semi Mart, mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Peningkatan Penjualan pada PT Plangkaraya Semi Mart serta mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Harga terhadap Peningkatan Penjualan pada PT Plangkaraya Semi Mart. Penelitian ini adalah penelitian deskritif kuantitatif dengan instrumen kuesioner, jumlah populasi seluruh pelanggan yang melakukan pembelian. Penarikan sampel penelitian menggunakan sampel insidental sehingga diperoleh sampel sebanyak 65 orang. Teknik analisa data berupa uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji parsial dan uji simultan. Hasil penelitian diperoleh Nilai koefisien thitung.  Harga sebesar 3,886 dan nilai ttabel sebesar 1,998 dengan ketentuan nilai thitung > ttabel dengan sighitung < sigtabel atau ( 3,886 > 1,998) dan (0,000 < 0,05). Selanjutnya nilai Fhitung harga dan kualitas pelayanan adalah 15,430 dan nilai Ftabel sebesar 2,750 dengan ketentuan nilai Fhitung > Ftabel dan sighitung < sigtabel atau (15,430 > 2,750) dan (0,000 < 0,05). Nilai Rsquare yaitu 0,602 atau R2 x 100% sebesar 60,20% artinya variabel Harga dan Kualitas Pelayanan memeberikan sumbangsi sebesar dalam menejlaskan tentang Peningkatan Penjualan pada PT. Plangkaraya Semi Mart Medan sebesar 60,20% sedangkan sisanya 39,80% dipengaruhi faktor -faktor lain. Kesimpulan  Harga berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Plangkaraya Semi Mart Medan, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Plangkaraya Semi Mart Medan, Harga Dan Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Plangkaraya Semi Mart Medan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31