ANALISIS PRAKTIK JUAL BELI MENGGUNAKAN LABEL HARGA YANG TIDAK SESUAI DENGAN REAL HARGA DALAM PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH

Penulis

  • Arsyanti. S Universitas Muslim Indonesia
  • Syarifa Raehana Universitas Muslim Indonesia

Kata Kunci:

Jual Beli, Label Harga, Hukum Ekonomi Syariah, Alfamart

Abstrak

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik jual beli yang melibatkan penggunaan label harga yang tidak sesuai dengan real harga barang dalam perspektif hukum ekonomi syariah di Alfamart. Fenomena ini menjadi perhatian penting dalam konteks perdagangan modern yang harus diuji kepatuhannya terhadap prinsip-prinsip ekonomi syariah. Berdasarkan permasalahan ini maka fokus penelitian pada skripsi ini 1) Bagaimana Praktik Jual Beli menggunakan Label Harga yang tidak sesuai dengan Real Harga di Alfamart Kel. Rappokalling Kec. Tallo Kota Makassar, 2) Bagaimana pandangan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Praktik Jual Beli menggunakan Label Harga yang tidak sesuai dengan Real Harga. Dalam Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Metode pengumpulan data, dengan cara mengumpulkan sumber Data Primer dan Data Sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Praktik Jual Beli Menggunakan Label Harga Yang Tidak Sesuai Dengan Real Harga Dalam Perspektif Hukum Ekonomi Syariah Di Alfamart Kel. Rappokalling Kec. Tallo Kota Makassar yaitu kelalaian pegawai dalam menempelkan harga terbaru yang telah dicetak untuk produk, kelupaan dalam mengganti harga barang lama dengan harga barang terbaru. 

Abstract − This study aims to analyze buying and selling practices that involve the use of price tags that do not match the real price of goods in the perspective of sharia economic law at Alfamart. This phenomenon is an important concern in the context of modern trade which must be tested for compliance with sharia economic principles. Based on these problems, the focus of research in this thesis is 1) How is the practice of buying and selling using price tags that do not match real prices at Alfamart Kel. Rappokalling Kec. Tallo City of Makassar, 2) What is the view of Sharia Economic Law on the Practice of Buying and Selling using Price Tags that do not match the Real Price. In this study using qualitative research methods with an empirical juridical approach. Data collection method, by collecting Primary Data and Secondary Data sources. Based on the results of this study, it can be concluded that the practice of buying and selling using price tags that do not match the real price in the perspective of Islamic economic law at Alfamart Kel. Rappokalling Kec. Tallo City of Makassar, namely the negligence of employees in attaching the latest prices that have been printed for products, forgetfulness in replacing the prices of old goods with the latest prices of goods. 

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31